SD Muhayo Menerapkan Strategi Guru Kunjung

  • by
Pembelajaran di SD Muhayo Ponjong

SD Muhayo (Muhammadiyah Bedoyo) Menerapkan Strategi Guru Kunjung. Tahun Pelajaran 2020/2021 telah memasuki pekan ketujuh diawal bulan September 2020. Strategi pembelajaran SD Muhayo (Muhammadiyah Bedoyo) dari awal semester ini menggunakan model kombinasi daring dan luring. Daring (dalam jaringan) banyak dengan WA kelas pengiriman tugas dan luring (luar jaringan) untuk mengerjakan tugas dan pengumpulannya tiap pekan ke sekolah dalam bentuk buku tugas siswa.

Setelah berjalan satu bulan sekolah mengadakan angket kuisioner terkait pembelajaran selama pandemi dan diperoleh hasil pada awalnya peserta didik dan orang tuanya masih merasa nyaman dan bisa mengikuti namun dalam perkembangannya mulai menemui kendala dan kejemuan. Untuk itu sekolah memprogramkan guru kunjung ke rumah siswa.

Kegiatan guru kunjung telah berjalan mulai 1 September 2020 untuk kelas 1 dan kelas 3. Kegiatan ini sepenuhnya terlaksana atas izin orang tua siswa. Sekolah sekedar menawarkan program alternatif pembelajaran, orang tua bisa memilih tetap belajar daring maupun luring seperti yang sudah berjalan atau juga bisa bergabung ke kelompok belajar (sekitar 4-8 peserta didik) yang akan dikunjungi guru kelas selama sekitar 90 menit.

SD MUHAYO Menerapkan Strategi Guru Kunjung di salah satu Rumah Orang Tua Siswa

SD MUHAYO Menerapkan Strategi Guru Kunjung di salah satu Rumah Orang Tua Siswa

Sekolah menyampaikan surat pemberitahuan sekaligus izin ke Dukuh tempat lokasi kegiatan guru kunjung. Tempat pelaksanaan tergantung kesepakatan kelompok bisa di rumah peserta didik atau di tempat netral seperti di balai padukuhan, TK, masjid dll.

Alhamdulillah dari kegiatan guru kunjung yang sudah berjalan banyak tanggapan positif dari peserta didik dan orang tua siswa. Peserta didik terobati kangen dengan teman dan guru. Orang tua sangat terbantu beban mendampingi belajar selama ini lebih ringan. Serta guru dapat langsung memberikan penjelasan terkait materi pembelajaran meskipun dalam waktu sangat terbatas.

“Kegiatan ini akan terus dievaluasi, sesuai dengan perkembangan yang ada,” kata Usman Ms, Kepala Sekolah SD Muhayo.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.